Zona Growth: Six Thinking Hat

1 Februari 2021

Haiii Hexagoniaaaa,,,,

Saya kembali dengan ilmu baru dari kota yang penuh kejutan, Hexagon City.

Minggu ini kami mendapat materi tentang six thinking hat. Metode yang diperkenalkan oleh Edward de Bono. Six Thinkin Hat adalah salah satu metode belajar struktur berpikir untuk mengambil keputusan dimana kita sebagai pengambil keputusan dapat melihat tantangan atau masalah dari berbagai sudut pandang atau perspektif. Sudut pandang ini diwakili oleh 6 buah topi dengan warna yang berbeda yaitu biru, putih, hijau, kuning, hitam, dan merah.

  • Topi biru menunjukkan tantangan dan tujuan. Dengan memakai topi warna biru, kita diajak untuk melihat tantangan dan apa tujuan yang ingin diraih.
  • Topi putih menunjukkan fakta dan data. Dengan memakai topi putih, kita diajak untuk mengumpulkan fakta, data, dan informasi sebanyak-banyaknya terkait isu atau tantangan yang dihadapi sehingga dalam mengambil keputusan kita bisa lebih rasional.
  • Topi hijau menunjukkan kreativitas dalam membuat ide dan alternatif solusi. Dengan menggunakan topi hijau, kita diajak berpikir berbagai macam cara untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan.
  • Topi kuning menunjukkan manfaat, value, dan kelebihan dari ide. Dengan menggunakan topi ini, kita diajak untuk optimis bahwa setiap ide kita memiliki manfaat, value, atau kelebihan yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah dan pengambilan keputusan.
  • Topi hitam menunjukkan kekurangan dari ide. Dengan menggunakan topi hitam, kita diajak untuk memikirkan kemungkinan-kemungkinan terburuk dari setiap ide yang kita buat sehingga tantangan itu bisa dimitigasi dan kita bisa lebih fleksibel dalam menghadapi kekurangan yang ada.
  • Topi merah menunjukkan feeling atau intuisi. Dengan menggunakan topi ini kita diajak untuk berintuisi tentang ide yang kita buat. Apakah menurut feeling kita apakah ide ini akan berhasil atau tidak. Apakah ide ini akan diterima orang lain atau tidak.

Sebuah metode yang menarik yaa…

Six thinking hat ini biasanya digunakan oleh para pemimpin dan pengambil keputusan untuk mengambil keputusan dalam masalah-masalah besar dan strategis. Namun, ternyata metode ini juga bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari lho. Dalam memecahkan masalah dalam rumah tangga misalnya. Kita bisa menggunakan metode ini untuk menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan dengan cara yang baik dan bisa jadi mengurangi pertengkaran dengan pasangan.

Nah, selain itu, metode ini juga bisa digunakan untuk menyelesaikan tantangan yang dikerjakan berkelompok. Termasuk project passion yang sedang tim kami kerjakan. Minggu ini kami mendaftar tantangan apa saja yang kami hadapi dan menggunakan six thinking hat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Setelah kami melekasanakan six thinking hat, muncullah action item yang akan kami lakukan agar tantangan kami bisa terselesaikan.

Berikut action item kami

Action Item CH Pangkuan Bunda

 

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *