Yuk Masuk ke Goa The Jungle of Knowledge

28 Januari 2020

Minggu kedua kelas ulat-ulat. . .

Saya dikejutkan dengam tugas yang tak biasa!

Ya! Membuat potluckĀ ilmu untuk dibagikan kepada teman-teman lain dalam bentuk audio atau video.

Yang pertama kali terbersit dalam pikiran saya adalah “bukan gue bangeeet”.

Secara saya adalah orang yang lebih menikmati bahasa tulisan dibanding audio atau video. . . Bahkan awalnya berniat untuk skip saja untuk tugas ini. Kan ada toleransi 2 kali tidak mengerjakan tugas. Begitu pikir saya.

Tetapi. . .

Akhirnya saya memutuskan menjadikan tugas ini sebagai tantangan. Tantangan saya sebagai ibu dengan 2 anak yang lahir di era teknologi.

Anggap saja, ini adalah salah satu cara saya memantaskan diri untuk mendidik anak-anak yang hidup di era teknologi. Kalaupun tak bisa secepat mereka beradaptasi dengan teknologi, paling tidak saya berusaha.

Begitulah akhirnya saya mencoba mengerjakan tugas walau gagap. Saya membuat tutorial membuat playdough menggunakan aplikasi kinemaster. Saya membuatnya dengan gambar dan tulisan lalu saya beri penjelasan menggunakan audio. Saya harus cek tutorial di youtube dan google berulang kali. Lalu coba-coba menggunakan beberapa tools. Yang penting jadi dulu.

Lalu, agar hasil karya saya bisa punya link untuk disetorkan sebagai tugas. Saya pun membuat akun youtube. Disitulah saya meng- uploadĀ tugas saya.

Mau lihat?

Boleh klik di link di bawah ini:

Hasilnya memang masih kurang disana-sini. Masih aneh dan terlihat amatir. Tapi tak apa, bagi saya ini adalah pencapaian.

Dan di Ibu Profesional kami diperbolehkan salah, diperbolehkan tak sempurna. Karena kami dilatih untuk menghargai proses. Dan menghargai setiap keberhasilan yang kami lakukan sekecil apapun.

Ah iya kaaaan,

Baru juga 6 pekan, saya sudah banyaaaak sekali belajar. . .

####################################################

Nah, setelah potluck yang saya buat saya sajikan kepada teman-teman yang lain, waktunya saya makan potluck yang dibawa teman-teman.

Sudah saya niatkan untuk fokus pada potluck yang hanya ada di mind mapping saya. Walaupun bertebaran ilmu-ilmu yang menggiurkan. Melambai-lambai untuk dinikmati. Namun saya ucapkan mantra dalam hati “menarik tapi tidak tertarik”. Dan ya, saya akhirnya hanya membuka potluck bagian psikologi dan parenting.

MasyaaAllah, buanyak sekali ilmu yang saya dapat dari teman-teman. Ilmu yang akhirnya saya jadikan bahan diskusi bersama suami tadi malam dan tadi pagi.

Ini beberapa ilmu yang sudah saya lahap hasil penulusan potluck yang teman-teman bawa. . .

1. Self Healing dari mbak Utami Sadikin

2. Berdamai dengan hati dari mbak Prita Annisa Utami.

3. Manajemen emosi dengan negosiasi reframing

4. Menjadi Fasilitator anak yang memiliki obsesi terhadap 1 bidang

5. Pede menjalani HS usia dini.

Semua materi yang saya lihay dan dengar saya tulis di buku. . .

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *