Horee Ramadhan Segera Datang

11 Mei 2018

Ramadhan sudah semakin dekat. Tamu Agung yang ditunggu-tunggu segera datang. Selayaknya akan kedatangan tamu Agung, kami sekeluarga ingin menyambutnya dengan sebaik mungkin dan dengan senang gembira. Beberapa kegiatan menyambut Ramahan kami persiapkan, antara lain:

1. Membacakan dan Menceritakan Tentang Ramadhan

Membacakan buku tentang ramadhan dan apa saja yang akan kami lakukan ketika Ramadhan kepada Akhtar adalah salah satu kegiatan yang kami lakukan sebelum Ramadhan.

Berikut buku tentang Ramadhan yang kami bacakan untuk Akhtar,

Ulasan tentang buku ini saya tulis lain waktu ya. ๐Ÿ˜Š

 

2. Membuat Kalender Ramadhan

Kegiatan lain yang kami persiapkan adalah membuat kalender Ramadhan.

Pembuatan kalender ini sudah saya lakukan sejak 1 minggu yang lalu bersama anak-anak. Dimulai dari pembeliaan bahan-bahan seperti:

 

  1. Kertas asturo;
  2. Penggaris;
  3. Lem;
  4. Selotip;
  5. Spidol.

 

 

Kedua anak saya terlibat dalam pembelian. Proses yang menurut saya paling menantang adalah ketika memulai pembuatan. Darimana saya harus memulai. Berapa ukuran kotak dan jarak antar kotak. Dan tentu, tantangan utama datang dari kedua jagoan yang semangat โ€œmembantuโ€. Ibu-ibu yang punya balita dan toddler pasti tahu lah ya, โ€œmembantuโ€ disini artinya apaaa. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚.

Memberikan kegiatan lain ketika saya mengukur dan menghitung adalah salah satu cara saya mengalihkan perhatian mereka dari acara sakral saya ini. Tapiii, tetap saja karena konsentrasi saya terpecah, kalender yang saya rencanakan memanjang kebawah jadi harus memanjang kesamping. Pokoknya, the power of modification. ๐Ÿ˜š๐Ÿ˜š

Ketika anak-anak tidur, saya kebut menggunting dan menulis angka pada setiap amplop. Bagian yang cukup rumit adalah menggunting bagian belakang kotak yang akan digunakan sebagai amplop karena kecil dan tipis.
ย 

 

Baiklah, karena saat itu saya sedang diare, kegiatan membuat kalender sempat terhenti beberapa hari. Sempat juga berpikir untuk tidak melanjutkannya. Kenapa? Karena rasanya masih panjang. Masih harus nempel selotip di belakang kotak kecil, kemudian menempel di asturo besar. Belum lagi bayang-bayang kerjaan domestik yang tak pernah habis. Namun, Alhamdulillah, Allah kasih jalan dan waktu untuk menyelesaikannya.
Kemarin siang ketika anak-anak dan bapaknya tidur, saya menempel selotip di setiap amplop kemudian menempelkan pada asturo besar.

Alhamdulillah legaaaa. Tapi sebenarnya masih ada 1 PR lagi ya, membuat aktivitas baik di stik es krim. Yang nantinya, stik tersebut dimasukkan ke dalam amplop jika Akhtar berhasil melaksanakan aktivitas tersebut. Nah, jika semua kegiatan dalam 1 hari terlaksana, Akhtar boleh dapat bintang. Jika semua hari dapat bintang, Akhtar akan dapat reward di akhir bulan nanti.

Begitu rencana kami untuk mengisi ramadhan bulan ini. Selain agar Akhtar tertarik, kegiatan ini untuk mengurangi nada-nada amarah dan perintah ketika meminta Akhtar melakukan suatu aktivitas. Harapannya, kegiatan ini tetap berjalan sampai selepas Ramadhan. Aamiin.

 

3. Mendekor Rumah

Oiya, satu lagi kegiatan yang kami lakukan untuk menyambut Ramadhan. Yaitu membuat dekorasi. Membuat dekorasi menyambut Ramadhan sudah kami lakukan sejak tahun kemarin. Kalau tahun kemarin kami membuat semua sendiri, tahun ini kami tidak menbuat tetapi print dari printable yang tersedia di internet. Teman-teman bisa juga unduh dan print berbagai macam kegiatan dan homedecore ramadhan disini. Link nya di bawah ini yaa.

https://drive.google.com/drive/mobile/folders/0B8VDVEzmniWDcUhWNHpXZ05KX00?usp=sharing.

Sejujurnya lebih puas ketika membuat sendiri ya, tetapi, tahun ini kami memutuskan untuk print aja kerena beberapa alasan.

Berikut hasil dekorasi kami:

Yang lebih penting bagi kami adalah, mengenalkan betapa istimewanya Ramadhan kepada anak-anak, sehingga kita harus menyambutnya dengan suka cita, dengan meriah. Harapannya adalah mereka akan menunggu-nunggu Ramadhan setiap tahunnya.

 

Dan yang paling penting adalah, segala macam kegiatan ini tidak akan terlaksana tanpa kemudahan dari Allah. Terima kasih ya Allah. Semoga umur kita sampai di Ramadhan yang tinggal hitungan hari ini. Aamiin.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *