Puasaku di Bunda Cekatan

29 Maret 2020

Bagi seorang muslim, puasa tentu suatu hal yang sudah tidak asing lagi. Bahkan ada 1 bulan dimana seorang muslim diwajibkan puasa. Yaitu bulan Ramadhan yang insyaAllah sebentar lagi akan kita temui (kurang dari 30 hari).

Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.

(Sumber: Wikipedia)

Nah, di bunda cekatan pekan ini, kami diminta untuk puasa. Puasa apa? Apakah puasa menahan lapar dan haus seperti pengertian di atas?

Ternyata bukan!

Puasa yang dimaksud adalah puasa melakukan hal-hal yang menghalagi kami menjalankan mind map kami.

Saat mengerti apa yang harus dikerjakan, hal pertama yang saya pikirkan adalah tentang emosi. Tantangan utama yang harus saya taklukkan untuk memperlancar perjalanan saya menjadi seorang “Ibu Pendidik Rumahan”. Itulah mengapa di pekan ini saya memutuskan untuk puasa mengurangi marah-marah terutama kepada anak-anak. Boleh marah asal dengan alasan dan cara yang benar.

Gambar di atas adalah kalender puasa yang berisi badge.

Puasa dimulai tanggal 20 sampai 26 Maret 2020. Karena salah memahami tugas, saya baru mulai puasa di tanggal 23 Maret 2020. itulah mengapa di kalender saya tanggal 20 sampai tanggal 22 kosong tak ada badge.

Badge yang disiapkan tim ibu profesional ada 4 yaitu need improvement, satisfactory, very good, dan excellent. Namun, minggu ini saya memberi badge need improvement untuk diri saya. Dimana minggu ini saya masih banyak marah-marah tak jelas pada anak-anak dan dengan cara yang tidak benar. Yang setelah ditelusuti, pekan ini saya sedang masa PMS!

Walaupun saya masih belum maksimal menjalankan puasa, saya menemukan apa penyebab emosi saya tidak stabil di minggu ini. Dengan begitu, bulan depan menjelang PMS, saya bisa belajar dari bulan ini dan mencari cara mengalihkan gejolak emosi menjelang PMS.

Besok mahasiswi bunda cekatan mulai puasa lagi. Puasa apakah yang akan saya jalani? apakah melanjutkan puasa pekan ini atau puasa yang lain?

Silakan tuunggu minggu depan…

selamat berakhir pekan bersama keluarga…

 

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *