Covid-19, virus yang saat ini sedang menyebar ke seluruh dunia. Termasuk Indonesia. Yang sudah dinyatakan sebagai pandemi global oleh WHO. Covid-19 adalah salah satu bahasan menarik saat ini karena telah banyak merubah tatanan kehidupan. Termasuk ekonomi. Banyak pekerja yang biasanya bekerja di kantor, harus bekerja di rumah. Bahkan tak sedikit yang di rumahkan karena pengurangan produksi. Atau pelaku bisnis kecil yang dibayang-bayang gulung tika...

Selamat pagiii. . . . Pagi ini pingin cerita tentang diary anak dan jurnal kegiatan anak. Dua hal yang memang sudah lama ingin saya lakukan sekaligus sebagai tugas di bunda cekatan, Institut Ibu Profesional. Mengapa diary anak dan jurnal kegiatan anak? Hal ini merujuk dari buku Fitrah Based Education karangan Ust. Harry Santosa. Yaitu pendekatan penilaian paling sesuai untuk anak usia 0-6 tahun adalah dengan pengamatan dan pendokumantasian pengal...

Orientasi Kampung Komunitas Ibu Profesional memberi tantangan mahasiswinya untuk membuat proyek kegiatan. Boleh proyek dan kegiatan apa saja. Boleh proyek keluarga, proyek komunitas, atau proyek sosial. Apa saja. Saya beberapa kali memikirkan apa yang harus saya buat. Karena saya ingin membuat proyek yang saya buat bisa dijalankan. Tidak hanya dalam selembar kertas. Sempat terpikir untuk membuat proyek sosial. Apalagi dimasa pandemi seperti ini. ...

Beberapa minggu yang lalu saya menulis tentang anak-anak dan perpustakaan Baca:Β Anak-anak dan perpustakaan. Masih seputaran perpustakaan, kali ini saya ingin menulis pengalaman kami membaca dan meminjam buku di perpustakaan daerah Kudus. Kami memang menjadikan berkunjung ke perpustakaan sebagai agenda mingguan anak-anak. Setiap hari Rabu, kami akan mengembalikan buku lalu meminjam yang baru. Saat peminjaman inilah kami sering menemukan momen wow...

23 Juli 2019 Pertama kali Akhtar dan Arfa ke Perpustakaan Daerah Kudus adalah saat mereka mengikuti kegiatan Yuk Main Kudus. Kebetulan saat itu Yuk Main mengadakan kegiatan berupa pengenalan literasi pada anak-anak. Hari ini, kali kedua Akhtar dan Arfa ke Perpusda. Saya mengajak mereka kesana dengan tujuan mengenalkan mereka pada perpustakaan. Bahwa ada tempat yang menyediakan banyak buku untuk dibaca dan dipinjam. Mereka cukup antusias. Entah an...

Dua hari yang lalu, saya, suami, dan anak-anak akan pergi belanja bulanan. Saat sedang di kamar untuk berdandan, saya mendengar percakapan antara papa dan Akhtar....

Ini cerita sekitar 1 bulan yang lalu. Tepatnya tanggal 18 Mei 2019. Bertepatan dengan hari ulang tahun pernikahan saya dan suami yang keenam. Seminggu sebelumnya saya sudah agak curiga dengan gelagat suami. Pernah saya mencoba untuk membuka HP beliau. Tapi tak bisa. Passwordnya diganti. Kami memang pasangan yang tahu password HP masing-masing. Berusaha untuk saling terbuka. HP suami ya HP istri. HP istri ya HP suami. Karena keterbukaan tersebut, ...

Seminggu yang lalu, 5 Juni 2019, umat muslim merayakan Idul Fitri. Hari dimana umat muslim merayakan kemenangan setelah berhasil menahan hawa nafsu sebulan penuh. Di Indonesia, hari raya ini dirayakan dengan cukup meriah. Hari berkumpulnya keluarga. Perantau pulang ke kampung halaman, makanan khas disajikan, camilanpun tersedia di rumah-rumah untuk para tamu yang datang. Bersilaturahmi dan saling memaafkan satu sama lain. Sungguh hari raya yang s...

Gema takbir berkumandang. Menandakan Ramadhan telah pergi. Idul Fitri terlah datang. Lantunan takbir yang bersahutan membuat hati bergetar. Sedih tak kentara karena bulan dimana diobralnya pahala oleh Allah telah pergi. Sekaligus haru biru menyambut idul fitri. Menyambut kemenangan setelah berhasil menahan hawa nafsu. Begitulah suasana 1 minggu yang lalu, 1 Syawal 1440 H yang bertepatan dengan hari Rabu, 5 Juni 2019. Sholat Idul Fitri dilaksanaka...

Siapa yang tak kenal ular tangga. Permainan yang sudah ada sejak dulu dan masih eksis sampai sekarang. Permainan dimana pemenangnya adalah pemain yang sampai di angka 100 terlebih dahulu. Untuk mencapai angka tersebut, telebih dahulu tiap pemain melempar dadu. Berapa langkah pemain harus maju, ditentukan dari dadu tersebut. Namun, terdapat tangga dan ular yang menghadang. Jika mengenai tangga maka pemain akan naik. Artinya lebih cepat mencapai tu...

Tameng dan Selimut
Curhat / 6 Agustus 2018

Ketika menjadi seorang istri, wanita itu seperti orang asing di rumah mertua sekaligus seperti tamu di rumah orang tua. Dia tak benar-benar punya rumah. Ketika dia sedang berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan suami, dia sudah dituntut untuk menjadi wanita sempurna sebagai istri sekaligus menantu. Tanpa ada yang peduli bahwa dia pun sedang belajar. Tak lama, hadir seorang anak. Artinya dia terlahir pula sebagai seorang ibu. Belum tun...

Antara Fimosis, Klem, dan Khitan Anak 1,5 Tahun
Curhat , Keluarga / 2 Agustus 2018

Waktu itu, Arfa anak kedua saya berumur 3 atau 4 bulan. Pulang dari mudik, suhu badannya tinggi selama tiga hari tanpa ada batuk, pilek, atau diare. Akhirnya kamipun (saya dan suami) ke dokter anak, takut kena typus atau DBD. Ketika di dokter, diperiksalah Arfa oleh dokter. Tenggorokan dan hidungnya aman, tak ada tanda-tanda batuk pilek. Perutnya pun bagus. Kemudian dokter memeriksa, maaf, penis Arfa. Dan ternyata, penyebab demam Arfa a...

Berteman Dengan Keramaian
Curhat , Keluarga / 25 Juli 2018

Kalau lihat foto ini adem yaa. Saling gandeng, saling menjaga. Tapiii, ibu-ibu yang punya toddler sekaligus bayi di rumah kebanyakan tau lah ya bagaimana ramainya ketika mereka berebut mainan, iseng-isengan, marahan, dan saling cari perhatian. Manjur bikin kerutan di wajah mama bertambah πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Namanya manusia biasa, kadang pusing ya, kalau denger tangisan, rengekan, dan teriakan? Pun saya juga sering sakit kepala kalau sudah nan...

Sayuran Berkaki Empat
D I Y , Keluarga / 5 Juli 2018

Ya kan ya kan. Baru juga bangun tidur yang dicari buku. Saya lagi masak, gendong adek pula, si mas Akhtar ribuuut minta dibikinin hewan-hewan dari sayur kayak yang di buku. Duuuh, sempet emosi dong saya. (Maafin mama ya Akhtar). “Oke, setelah semua mandi, baru bikin ya.” Begitu kesepakatan saya dan Akhtar. Setelah semua mandi, dan kebetulan adek bobo, Akhtar langsung minta dibikinin. Bahkan ditawari HP dia tak mau. πŸ˜‚πŸ˜‚π...

Percobaan Membuat Gunung Api
D I Y , Keluarga / 4 Juli 2018

Buku di atas adalah salah satu buku Widya Wiyata Pertama (WWP) semacam ensiklopedi yang isinya kumplit banget. Daaan Akhtar suka banget. Nah, di buku yang judulnya “Cobalah Sendiri” ini, seeegala macam percobaan mau dibikin sama Akhtar. “Mah, aku mau bikin ini, yang ini juga. Ini juga ya maah.” Kata Akhtar Saya? “Iyaa.”   Kemarin kami sudah bikin wayang. Alhamdulillah jadi walaupun seadanya denga...

Anak Tempat Belajar Kami
Curhat , Keluarga / 24 Juni 2018

Percakapan Pertama Kemarin waktu bedtime stories. Saya dan papa Akhtar bertanya beberapa pertanyaan ke Akhtar. Papa: Akhtar, papa baik ga? Akhtar: Papa baik, mama baik. Papa: Papa baik nya gmn? Diamlah Akhtar. Sepertinya berpikir. Mungkin masih mencerna apa yang dimaksud. Papa: Papa baiknya gimana Akhtar? Akhtar: kalau papa senyum. Papa: kalau papa marah-marah Akhtar ga suka? Akhtar: iya. Saya: Akhtar, kalau mama sama papa dituker, Akht...

Pizza Homemade by Me
D I Y , Keluarga / 7 Juni 2018

Kemarin sore pas cari bukaan untuk puasa, anak lanang Akhtar beli pizza kecil di sebelah Ramayana Kudus. Sampai rumah, dirasakanlah pizza itu. Daaan, pedeees katanya. Anak ini memang agak sensitif sama pedes. Pokoknya pedes dikit aja udah ga mau. Akhirnya, pizzanya saya makan habis. Tadi pagi, tiba-tiba Akhtar nanya, “Mah, pizza Akhtar mana?” “Udah habis mama makan.” Sayapun menjawab “Kok dimakan. Kan Akhta...

Mengenal Home Education
Curhat / 29 Mei 2018

Oleh Ust. Abdul Kholid Perbedaan homeschooling dan home education Homeschooling Seolah-olah memindah sekolah ke rumah. Metode dan sistem sama seperti di sekolah. Orang tua membuat jadwal belajar untuk anak dengan target-target dan ada panduannya. Home education Bukan memindahkan sekolah di rumah. Namun, seperti orang tua mengasuh anaknya ketika dibawah 1 tahun. Hanya mendampingi. Bukan memasukkan berbagai macam ilmu, tetapi mengeluarkan...

Antara Akhtar, Papa, dan Kardus Bekas
Curhat , Keluarga / 25 Mei 2018

      Akhir-akhir ini si papa lagi hobi banget bikinin Akhtar prakarya dari kardus. Karya pertama adalah rumah dari kardus. Dari kardus lemari es, dibuat lah pintu dan jendela dibawahnya diberi selimut dan bantal. Jadilah Akhtar berimajinasi memiliki rumah. Mengajak kami bermain di rumah nya dan mengobrol. Bahkan sekali, dia pernah tidur siang sendiri di rumah nya itu. He is soooo happy, hanya karena kardus dibolongin. πŸ...

Ramadhan Ceria
D I Y , Keluarga / 22 Mei 2018

Alhamdulillah 5 hari sudah kita menjalankan puasa Ramadhan. Lima hari sudah Allah membuka lebar-lebar pintu surga dan mengobral pahala. Jika beberapa hari sebelum Ramadhan di Kudus puanasnya poool, awal puasa ini teduh dan tak terlalu panas. Masyaa Allah. Baiknya Allah kepada kita yaaa. 😊   Berbicara tentang puasa, tahun ini sulung kami Akhtar mulai belajar puasa. Awalnya si 4 tahun ini tertarik ikut puasa karena buku yang dia b...