Manfaat Bermain Ular Tangga Untuk Anak

15 Mei 2019

Siapa yang tak kenal ular tangga. Permainan yang sudah ada sejak dulu dan masih eksis sampai sekarang. Permainan dimana pemenangnya adalah pemain yang sampai di angka 100 terlebih dahulu. Untuk mencapai angka tersebut, telebih dahulu tiap pemain melempar dadu. Berapa langkah pemain harus maju, ditentukan dari dadu tersebut.

Namun, terdapat tangga dan ular yang menghadang. Jika mengenai tangga maka pemain akan naik. Artinya lebih cepat mencapai tujuan. Saat pemain menghadapi ular maka pemain akan turun. Artinya lebih jauh dari tujuan.

Permainan yang seru sekaligus menantang. Permainan inilah yanh akhir-akhir ini dimainkan oleh sulung saya, Akhtar. Setiap mata terbuka, yang dia minta adalah main ular tangga.

Akhtar bermain ular tangga

Bagi saya, tentu terasa bosan jika tiap saat  menemaninya bermain ular tangga. Tetapi, ternyata ular tangga banyak manfaatnya lho. Manfaat ini bisa saya jadikan bahan untuk menghalau kebosanan saya.

Jadi apa saja manfaat bermain ular tangga bagi anak?

  1. Membangun kelekatan/bonding antara anak dan orang tua. saat bermain bersama, tentu anak merasa senang karena orang tua nya mau bermain permainan yang dia ingin mainkan. Perasaan ini tentu membuatnya merasa bahagia. Dengan begitu kelekatan akan terjalin
  2. Anak belajar angka. Dalam permainan ular tangga, terdapat angka 1 sampai 100. Dengan bermain ular tangga, anak akan lebih familiqr dengan angka-angka tersebut. Mereka pun belajar angka secara menyenangkan.
  3. Anak belajar berhitung. saat melempar dadu, anak akan melihat terdapat titik di setiap permukaan dadu. Saat itulah anak belajar menghitung titik tersebut. Kemudian mengitung berapa langkah dia harus melangkah juga termasuk belajar menghitung. Cara belajar berhitung yang menyenangkan bukan?
  4. Anak belajar komunikasi. Saat bermain ular tangga, terdapat komunikasi antarpemain. Disini kemampuan komunikasi anak dilatih.
  5. Anak belajar sabar. Ular tangga memiliki tangga dan ular dalam permainannya. Saat anak mendapat tangga tentu mereka akan senang. Tetapi saat mendapat ular, mereka belajar sabar.

Manfaat ular tangga untuk anak cukup banyak bukan. Jadi, jangan ragu untuk bermain ular tangga bersama anak ya sahabat. 🤗🤗🤗

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *