Lacak Cara Belajarmu!

7 Januari 2020

Selamat siang mommiees…

Selamat datang di tugas ketiga bunda cekatan ibu profesional….

Minggu ini, kami diminta untuk mencari telur orange. Apa itu telur orange? Telur orange adalah ilmu-ilmu yang dibutuhkan untuk menunjang keterampilan yang sudah dipilih di telur merah.

Minggu lalu, saya telah memilih 5 keterampilan yang ingin saya tingkatkan yaitu:

  1. Komunikasi produktif, ilmu ini membantu saya menyampaikan gagasan serta bertanya perasaan kepada anak dan suami dengan cara yang benar.
  2. Manajemen waktu, Manajemen waktu membantu saya membuat prioritas kegiatan mana saja yang harus didahulukan tanpa mengorbankan kebahagiaan pribadi dan kewajiban sebagai istri dan ibu.
  3. Membaca bahasa tubuh, ilmu ini ingin saya pelajari untuk menunjang aktivitas merasakan perasaan orang lain terutama anak-anak dan suami.
  4. Sentuhan ibu, ilmu ini ingin saya pelajari untuk menunjang aktivitas merasakan perasaan orang lain terutama anak-anak dan suami.
  5. Bahasa cinta, ilmu ini ingin saya pelajari untuk menunjang aktivitas berpikir sekaligus merasakan perasaan orang lain terutama anak-anak dan suami.

Setelah merenung lalu berdiskusi dengan salah seorang teman sebut saja Mbak Nurul 🤭, saya akhirnya merevisi telur merah saya.

Mengapa?

Karena saat ini hal penting dan mendesak yang ingin saya lakukan adalah ingin memperbaiki hubungan dengan anak dan memperbaiki kesalahan-kesalahan pengasuhan masa lalu yang mempengaruhi perilaku anak saat ini.

Nah, saya sengaja merevisi disini karena saya ingin melihat perubahan dan perkembangan apa yang terjadi pada diri saya melalui tulisan-tulisan ini.

Jadiiii,

Keterampilan yang ingin saya kembangkan adalah:

  1. Keterampilan Mengenal Diri, selain menggunakan bahasa bakat melalui talent mapping, saya juga ingin meningkatkan keterampilan dalam mengenal emosi diri. Seperti mengapa, kapan, dimana saya merasa marah, sedih, senang, dll. Sehingga saya bisa mengontrol diri sendiri saat menghadapi anak.
  2. Keterampilan mendidik anak dengan usia berdekatan (sibling), keterampilan yang menurut saya penting dan mendesak untuk saat ini. Karena saat ini saya merasa belum bisa mengelola kedua anak lelaki saya dengan baik. Dan sering kali membuat saya galau dan stres.
  3. Keterampilan manajemen waktu, Keterampilan yang mendukung kedua ketrampilan di atas.

Ketiga keterampilan di atas masih masuk kriteria kegiatan yang membuat saya bahagia yaitu masuk ke dalam kegiatan berpikir dan mengerti perasaan orang lain. Sehingga saya rasa telur hijau saya tidak perlu di revisi.

Daaaaan…

Sekaranglah waktunya menentukan telur orange.

Ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan keterampilan yang saya pilih.

Telur orange: ilmu yang diperlukan

1. Ilmu berpikir positif

Ilmu yang saya butuhkan untuk mengenal diri sendiri secara emosi. Agar bisa menerima diri sendiri, keadaan saat ini maupun masa lalu, dan orang lain.

2. Ilmu menyalurkan emosi negatif dengan benar.

Ilmu yang saya butuhkan untuk mengenal bagaimana cara terbaik untuk saya saat emosi negatif datang. Agar emosi negatif ini tidak berdampak pada anak dan mempengaruhi kegiatan sehari-hari.

3. Ilmu perkembangan anak sesuai usia.

Ilmu ini saya butuhkan untuk membantu meningkatkan keterampilan saya dalam mendidik 2 anak dengan usia berdekatan. Dengan mengetahui perkembangan anak sesuai usia, saya ingin bisa lebih berempati pada anak.

4. Ilmu kandang waktu dan skala prioritas.

Kedua ilmu ini ingin saya pelajari untuk mendukung keterampilan manajemen waktu. Dengan mempelajari kedua ilmu ini, harapannya kegiatan yang saya lakukan sehari-hari lebih terstruktur.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *