Kapsul Waktuku

24 Maret 2020

Kalau ada kata kapsul waktu, entah mengapa hal pertama yang saya ingat adalah doraemon. Ya, mesin waktu yang sering digunakan Doraemon, Nobita, dan teman-temannya untuk berkunjung ke masa depan atau masa lalu.

Tapi sebenarnya apa itu kapsul waktu?

Kapsul waktu adalah sebuah penyimpanan barang atau informasi sejarah, biasanya ditujukan sebagai metode komunikasi dengan orang masa depan dan untuk membantu para arkeolog, antropolog atau sejarawan masa depan. Kapsul waktu terkadang dibuat dan dikubur saat perayaan seperti pameran dunia, sebuah batu penjuru diletakkan untuk sebuah gedung atau acara-acara lainnya.

Sumber: wikipedia

Baru saja saya menyelesaikan membuat kapsul waktu ala saya sebagai salah satu tugas orientasi kampung komunitas Ibu Profesional.

Disini saya menuliskan tentang keadaan diri saya sebagai istri, ibu dan pribadi. Lalu saya diminta untuk menuliskan

Istri seperti apakah saya 10 tahun yang akan datang

Ibu seperti apakah saya 15 tahun yang akan datang

Lalu

Apa yang saya lakukan dan saya capai saat saya berusia 45 tahun.

Saya membayangkan diri saya disaat itu lalu menggabungkan rencana-rencana, mimpi saya dan suami, serta target-target pendidikan di rumah kami, sayapun menuliskan semuanya dalam sebuah kertas berwarna pink.

Saya lipat kertas itu lalu saya masukkan ke wadah berbahan plastik. Setelah itu saya balut dengan lakban keseluruh bagian sampai wadah tak terlihat.

Tahap terakhir adalah menulis kapan akan dibuka di atas kapsul waktu tersebut.

Kapsul waktu siap untuk disimpan.

Saya memilih menyimpannya, bukan ditanam. Karena kami adalah keluarga yang besar kemungkinannya berpindah-pindah.

Di tas berisi surat-surat berharga lah saya memutuskan untuk menyimpannya.

Refleksi:

Saya dan suami sering berbincang tentang rencana masa depan. Tentang mimpi-mimpi kami serta rencana dan program pendidikan anak-anak di rumah. Namun, seringnya tidak tertulis. Dengan adanya tugas ini, kami akhirnya membicarakan kembali mimpi dan rencana kami ke depan. Dan semoga suatu saat, ketika kami membukanya, kami bisa mengingat kembali perjuangan dan mimpi-mimpi kami di saat ini.

Satu Komentar

  • AuroRa 23 April 2020pada06:31

    Semoga kelak apa yg tertulis di kapsul waktu dapat terealisasi 🙏🙏🙏
    Semoga Allah permudah 😍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *