Camping Ground ala Bunda Cekatan

18 Februari 2020

Selamat hari Selasa. . .

Waktunya untuk kembali mengerjakan tugas Bunda Cekatan Ibu Profesional. . .

Kyaaaa, tugas yang lagi-lagi mengejutkan.

Di awal, tugas -tugas bunda cekatan itu serasa “gueee bangeeet” karena saya bisa menggunakan kekuatan saya menurut Talent Mapping. .

Setelah masuk kelas ulat, kebanyakan tugas perlu menggunakan bakat non dominan yang saya punya. Bukan “guee banget”.

Seperti tugas minggu ini. Yaitu membuat camping ground dengan mengundang teman-teman ulat lain untuk saling berkenalan dan bercerita tentang pengalaman mereka saat belajar bersama di keluarga mereka masing-masing. Serta menanyakan keluarga manakah yang merupakan favorit mereka disertai alasan.

Nah kaaan, bagi saya dengan WOO rendah, tugas ini jelas tantangan yang butuh ekstra tenaga.

WOO itu apa sih??

WOO adalah Winning Others Over alias Penyapa. Yaitu Orang yang senang bertemu dan bertutur sapa dengan orang baru atau yang belum dikenal dan menjadi akrab dengan mereka. Memiliki rasa ingin tahu tinggi terhadap orang asing. Tidak pernah malu untuk memulai percakapan atau khawatir kehabisan topik pembicaraan.

Kalau WOO nya rendah bagaimana?

Berkebalikan dengan yang di atas. Yaitu saya sangat tidak nyaman dengan orang asing dan berkemungkinan kehabisan topik pembicaraan saat berbincang. Orang-orang yang pernah bertemu saya pasti tahu bagaimana diam, krik-krik dan canggungnya saya saat menghadapi orang baru atau suasana baru.

Bisa dibayangkan yaa, bagaimana bingungnya saya memulai tugas ini.🤭

Bersyukurnya, saya memiliki bakat responsibility yaitu bakat dengan ciri bertanggung jawab. Maka, dengan menggunakan bakat inilah akhirnya saya bekerja.

Mulai lah saya menyapa teman-teman yang memberikan link WA di FB Grup Bunda Cekatan untuk saya undang ke camping ground saya.

Daaan,

Inilah dia, teman-teman ulat, yang mampir ke tampat kemping saya. Dari seluruh penjuru Indonesia dan dengan keluarga favorit yang beragam.

Ada 21 teman yang terdiri dari 15 keluarga yang di favoritkan. Ada yang dari Semarang, Jogja, Cirebon, Bogor, Kalimantan, Sumatra, dll.

Nah, kalau yang ini adalah diagram batang untuk kelas yang menjadi favoritnya teman-teman di tempat kemping saya. Karena teman-teman saya dari berbagai keluarga maka sebarannya hampir rata.

Keluarga manajemen emosi adalah keluarga yang paling tinggi difavoritkan yaitu 3 orang. Sedangkan untuk bisnis, parenting, financial, dan manajemen waktu masing-masing ada 2 orang yang memfavoritkan. Sisanya masing-masing difavoritkan oleh 1 orang yaitu keluarga ratu dapur, bermain bersama anak, pecinta Al Quran, cemara, desain, manajemen belajar, driving, councelling and coaching, teknologi, dan home schooling.

Sungguh pengalaman yang mendebarkan sekaligus membahagiakan membaca pengalaman teman-teman dari penjuru Indonesia ini.

Ada yang sama-sama menetap di satu keluarga dari awal, ada yang ternyata satu keluarga (tapi belum kenal), ada juga yang ternyata tempat tinggal asalnya dekat dengan kosan saya saat kuliah dulu. Dan tentu saja beberapa pengalaman dan ilmu yang mereka dapat di masing-masing keluarga.

Pokoknya seru dan tentu saja menambah teman. Apalagi bagi saya yang bakatnya kurang di bagian ini.

Bagi saya, pengalaman ini adalah latihan untuk menyiasati kekurangan. Tanpa harus kehilangan kekuatan.

Selamat kembali beraktivitas. . .

Sampai jumpa di tugas selanjutnyaa. . .

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *