Review: Ceros dan Batozar
Ulasan Buku / 19 September 2018

Judul: Ceros dan Batozar Penerbit: PT. Gramedia Pengarang: Tere Liye Tebal: 376 halaman Tanggal terbit: Mei 2018 Ceros Pada awalnya Raib, Seli, dan Ali mengikuti karyawisata sekolah disalah satu situs kuno terkenal. Hingga akhirnya dengan menggunakan kekuatan dan teknologi tinggi yang mereka punya, mereka menemukan ruangan di perut bumi di bawah situs kuno tersebut. Di dalam ruangan tersebut mereka disambut dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Namun ketika hari mulai malam, keluar monster besar berbadan manusia berkepala badak. Mengamuk dan menghancurkan apapun yang dia temui. Rais, Seli, dan Ali bertarung mati-matian menghadapi monster tersebut. Ceros itulah nama moster badak yang semalam menyerang mereka bertiga. Ngglanggeran dan Nglanggeram yang memberi tahu mereka. Orang dari klan Aldebaran yang membantu dan merawat mereka setelah diserang ceros. Batozar Tersebar kabar sebuah ufo melintasi di atas situs kuno tempat karyawisata sekolah. Raib dan Seli mengira itu adalah Ily yang terlihat manusia karena keteledoran Ali. Namun, ternyata itu buka Ily, melainkan kapsul yang diduga diambil oleh seorang pembunuh, psikopat, dan penjahat besar klan bulan yang melarikan diri dari penjara. Penjahat kelas berat itu adalah Batozar. Sebenarnya mereka bertiga dilarang keras menyelidiki kasus tentang hilangnya kapsul maupun tentang Batozar. Tanpa disangka mereka bertemu dengan Batozar di sebuah rumah…

Bisa Jadi itu adalah Post Power Syndrom
Curhat / 14 September 2018

Hari ini beberapa kali membaca status ataupun diskusi tentang Post Power Syndrom (PPS). Penasaran, akhirnya saya baca beberapa artikel tentang PPS. Jadi Post Power Syndrome itu sindrom yang bersumber dari berakhirnya suatu jabatan atau kekuasaan, di mana penderita tidak bisa berfikir realistis, tidak bisa menerima kenyataan, bahwa sekarang sudah bukan pejabat lagi, bukan karyawan lagi, dan sudah pensiun (Suardiman, 2001). Kebanyakan dari artikel yang saya baca, PPS sering menghampiri orang-orang yang telah pensiun. Apalagi ketika mereka masih bekerja, mereka merupakan orang berpengaruh. Tetapi ternyata, PPS juga bisa menghampiri ibu-ibu seperti kita yang harus meninggalkan ranah publik untuk fokus di ranah domestik. Dan bisa jadi, rasa kosong, tak nyaman dan rasa tak berharga yang selama ini saya bilang jetlag setelah memutuskan resign waktu itu adalah PPS. Iya, seingat saya dulu saya merasa kosong, tak nyaman, tak PD, dan sering curiga. Mungkin karena waktu itu keputusan resign juga diambil hanya dalam waktu 2 minggu. Frustasi karena selama 3 bulan, kami bolak-balik ganti pengasuh anak. Tanpa persiapan matang dan tak tahu apa yang akan dilakukan saya diminta suami untuk resign. Mengingat masa-masa SD dan SMP yang penuh prestasi. Masa-masa SMA dan kuliah yang selalu punya target dan tercapai. Merasa selalu punya banyak kegiatan dan…

Anak 4,5 Tahun Mengajari Saya Parenting
Curhat , Keluarga / 10 September 2018

Percakapan Akhtar, papa Akhtar, dan saya tadi malam sebelum tidur. 🧒:Ma, kok mama sayang banget sama adik? 🧕: Oiya? Mama sayang juga sama Akhtar kok. 🧒:Tapi mama marah-marah. Marah-marah tambah senyum jadi separo kayak bulan separo. 👨: Oiya? Mama juga sering marah sama adik kan? 🧒: Iya, tapi dikit. 🧕: Mama lebih sering marah sama Akhtar ya? Kayak tadi pas Akhtar keluar gerbang? Mama bilang Akhtar jangan keluar gerbang nanti adik ikut. Tapi mama ga marah sama adik, gitu?” 🧒: Iyaa, kenapa? 🧕: Maaf ya Akhtar, mama marah-marah sama Akhtar. Mama bilang ke Akhtar aja karena Akhtar udah ngerti. Kalau adik sukanya ikutan Akhtar. Jd kalau Akhtar masuk, adik ikut masuk juga deh. Akhtar ga suka kalau mama gitu? 🧒: ga suka 🧕: Maaf ya, sini peluk mama. Mama sayang Akhtar kok. Oiya, kadang mama marah sama Akhtar karena Akhtar suka iseng sama adik. Adik jadi nangis. Akhtar kenapa suka iseng sama adik? 🧒: Soalnya mama marah-marah aku jadi ikut marah 🧕: Jadi karena mama marah, Akhtar jadi ikut marah? Terus Akhtar jadi iseng sama adik? Kl mama ga marah, Akhtar jadi baik sama adik? 🧒: Iyaaa. 👨: Terus kalau Akhtar ga mau maem atau ga mau bobo gitu gimana?…