Kelas Fitrah Keluarga Peran Ayah dan Ibu dalam mendidik anak-anak Kita ketahui bersama bahwa setiap anak lahir ke dunia dalam keadaan baik. Di dalam diri mereka sudah Allah instal software yang akan menjadi bekal untuk si anak hidup di dunia ini. Hanya saja, fitrah-fitrah baik itu perlu ditumbuhkan dan dibangun oleh orang tuanya agar tumbuh subur paripurna. Nah, apa saja yang perlu dilakukan orang tua agar fitrah-fitrah tersebut tumbuh subur? Men...

Anak-anak sangat suka donat. Selain cilok, donat adalah makanan yang sering keluarga kami buat. Bahkan setiap belanja bulanan tak lupa saya membeli terigu protein tinggi. Dan selalu sedia fermipan. Agar sewaktu-waktu anak ingin membuat donat atau bingung mau ngapain, kami bisa langsung membuat donat. Hari Ahad lalu, Mama, Akhtar, dan Arfa membuat donat. Papa ke tempat Uti untuk suatu urusan. “Akhtar, mau bikin donat?” tanya saya pada ...

Dua minggu lalu, keluarga Novada kembali membuat family project sederhana. Project ini terjadi karena permintaan Akhtar yang berulang untuk membuat slime. Akhirnya, Ahad, 12 September 2020 kami pun membuat slime. Hari sebelumnya, kami sama-sama menonton tutorial membuat slime di youtube. Lalu mengingat-ingat bahan apa saja yang dibutuhkan. Dan bersepakat akan membuatnya di siang hari di hari Ahad. Sedangkan Ahad paginya kami sepakat untuk dibagi...

11 Juli 2020 Sekitar 3 minggu yang lalu. Keluarga Novada membuat family project kedua.Mama sebagai PJ waktu itu. Karena saat itu anak-anak terlihat sedang tertarik dengan layang-layang, maka mama memutuskan untuk bermain layang-layang di tanah lapang di dekat tempat tinggal. Tanah lapang ini adalah sebuah tanah kosong yang sepertinya akan dibangun perumahan. Disekililingnya terdapat kebun singkong, tebu, dll. Luas dan sepi. Kami merasa aman berma...

Ini cerita beberapa pekan yang lalu. Tepatnya dua minggu yang lalu, hari Sabtu, 27 Juni 2020. Atas permintaan suami, kami mengadakan rapat internal keluarga  semester I di tahun 2020 ini. Sekaligus merencanakan berbagai kegiatan di semester berikutnya. Yang kami bahas antara lain tentang keuangan, penghematan air dan listrik, kebutuhan intenet, proyek keluarga, kepengurusan saya di IP, bisnis baru suami yaitu Roda Raja, serta kegiatan ibadah sel...

Covid-19, virus yang saat ini sedang menyebar ke seluruh dunia. Termasuk Indonesia. Yang sudah dinyatakan sebagai pandemi global oleh WHO. Covid-19 adalah salah satu bahasan menarik saat ini karena telah banyak merubah tatanan kehidupan. Termasuk ekonomi. Banyak pekerja yang biasanya bekerja di kantor, harus bekerja di rumah. Bahkan tak sedikit yang di rumahkan karena pengurangan produksi. Atau pelaku bisnis kecil yang dibayang-bayang gulung tika...

Selamat pagiii. . . . Pagi ini pingin cerita tentang diary anak dan jurnal kegiatan anak. Dua hal yang memang sudah lama ingin saya lakukan sekaligus sebagai tugas di bunda cekatan, Institut Ibu Profesional. Mengapa diary anak dan jurnal kegiatan anak? Hal ini merujuk dari buku Fitrah Based Education karangan Ust. Harry Santosa. Yaitu pendekatan penilaian paling sesuai untuk anak usia 0-6 tahun adalah dengan pengamatan dan pendokumantasian pengal...

Orientasi Kampung Komunitas Ibu Profesional memberi tantangan mahasiswinya untuk membuat proyek kegiatan. Boleh proyek dan kegiatan apa saja. Boleh proyek keluarga, proyek komunitas, atau proyek sosial. Apa saja. Saya beberapa kali memikirkan apa yang harus saya buat. Karena saya ingin membuat proyek yang saya buat bisa dijalankan. Tidak hanya dalam selembar kertas. Sempat terpikir untuk membuat proyek sosial. Apalagi dimasa pandemi seperti ini. ...

Beberapa minggu yang lalu saya menulis tentang anak-anak dan perpustakaan Baca: Anak-anak dan perpustakaan. Masih seputaran perpustakaan, kali ini saya ingin menulis pengalaman kami membaca dan meminjam buku di perpustakaan daerah Kudus. Kami memang menjadikan berkunjung ke perpustakaan sebagai agenda mingguan anak-anak. Setiap hari Rabu, kami akan mengembalikan buku lalu meminjam yang baru. Saat peminjaman inilah kami sering menemukan momen wow...

23 Juli 2019 Pertama kali Akhtar dan Arfa ke Perpustakaan Daerah Kudus adalah saat mereka mengikuti kegiatan Yuk Main Kudus. Kebetulan saat itu Yuk Main mengadakan kegiatan berupa pengenalan literasi pada anak-anak. Hari ini, kali kedua Akhtar dan Arfa ke Perpusda. Saya mengajak mereka kesana dengan tujuan mengenalkan mereka pada perpustakaan. Bahwa ada tempat yang menyediakan banyak buku untuk dibaca dan dipinjam. Mereka cukup antusias. Entah an...

Manfaat Membacakan Buku Anak: Anak Tahu Apa yang Harus Dilakukan Saat Tersesat
Curhat , Parenting / 18 Juli 2022

Buku, adalah sesuatu yang menjadi prioritas ketika aku punya anak. Bukan, bukan karena aku sangat suka membaca buku. Aku suka membaca tetapi bukan hobi yang rutin aku jalani. Aku menjadikan buku sebagai prioritas karena aku ingin anak-anak dekat dengan buku dan suka membaca buku. Karena menurutku, dengan disediakan buku di rumah dan dibacakan buku, anak-anak akan mencintai buku sehingga menganggap buku sesuatu yang menyenangkan. Berbeda...

Mental yang Terluka Tak Mudah Dilihat Dengan Mata Telanjang
Curhat , Kesehatan Mental / 23 Maret 2022

Hatiku nyeri membaca berita yang sedang hangat. Tentang seorang ibu yang menyakiti 3 anaknya dengan alasan untuk melindugi anaknya agar tidak tersakiti. Aku tidak tahu apa yang terjadi dan apa yang dialami ibu itu. Bukan kapasitasku untuk mendiagnosis apa yang terjadi. Cerita itu hanya mengingatkanku pada diriku beberapa waktu yang lalu. Dimana aku pun berada diposisi yang mirip. Aku menghindari anak-anakku. Aku membiarkan anak-anakku. ...

Segarnya Me Time dengan Sheet Mask setelah Bersepeda dengan Anak
Aktivitas , Curhat / 9 Maret 2022

Akhir-akhir ini, bersepeda masuk ke jadwal harian aku dan anak-anak. Untuk menyalurkan energi anak-anak sebelum belajar dan memenuhi kebutuhan anak-anak untuk bermain di luar. Aku sendiri menjadikan sepedaan sebagai self care untuk menjaga kesehatan jiwa dan raga. Aku dan anak-anak biasanya bersepeda sekitar jam 9 pagi. Matahari Kudus mulai terik di jam ini. Bersepeda bersama anak mempunyai banyak manfaat. Selain untuk menyalurkan energ...

Anxiety Menghadapi Anak Tantrum
Curhat , Kesehatan Mental , Parenting / 31 Januari 2022

Sudah kuduga hal ini akan terjadi. Aku sudah sering menghadapi kondisi ini. Anak pertamaku, bangun tidur siang panik karena merasa terlambat ke masjid. Padahal adzan baru saja berkumandang. Ya, dia merasa saat adzan sudah berkumandang dan dia belum berangkat ke masjid, dia sudah terlambat. Akibatnya, dia mulai panik dan mulai menangis. Kami tidak pernah menuntutnya untuk datang ke masjid tepat waktu. Seingatku, suami hanya minta dia sho...

Anak Homeschooling Tertinggal Dibanding Anak yang Sekolah Formal, Benarkah?
Curhat , Parenting / 27 Januari 2022

Apakah kamu tidak khawatir anakmu tertinggal dari anak-anak lain jika homeschooling? Beberapa kenalan dan keluarga ada yang bertanya ketika kami menjelaskan bahwa kami memilih jalur homeschooling untuk pendidikan anak-anak. Hmmm, perasaan khawatir itu tentu terkadang muncul. Namun, kembali aku pikirkan tujuan dan filosofi homeschooling ataupun home education yang aku pegang. Bahwa setiap anak unik dan spesial dengan pertumbuhan dan perk...

Ketika Anak 7 Tahun Bertanya tentang Pernikahan
Curhat , Parenting / 25 Januari 2022

“Mah, gimana sih caranya bilang ke cewek kalau kita mau menikah sama cewek itu?” Jeder, sebuah pertanyaan tiba-tiba yang datang dari si sulung yang baru berusia 7 tahun. “Kenapa kok Akhtar tanya itu? Memang Akhtar mau menikah?” Tanyaku. “Nggak papa, tanya aja. Aku mau menikah nanti kalau usia 10 tahun.” Jawabnya. Jeder, pernyataan yang bikin jedag-jedug lagi. Dulu dia pernah bilang ingin menikah di us...

Ketika Anakku Memukul Temannya
Curhat , Parenting / 18 Januari 2022

Aku menghadapi hari yang tak mudah hari ini. Aku sedang bersinggungan dengan trigger yang cukup membuat aku cemas. Hari-hari ini juga hari-hari mendekati periode menstruasiku dimana masa-masa ini biasanya aku lebih sensitif. Ditambah, anakku memukul temannya yang bermain di rumah. Kondisi yang tak nyaman ditambah perilaku anak yang tak baik membuatku rasa-rasanya ingin segera memarahinya seperti biasanya. Kesalahan anak seperti itu bias...

Siapkah Orang Tua Ketika Anak Mandiri?
Curhat , Parenting / 14 Januari 2022

Setiap orang tua ingin anaknya mandiri. Berbagai cara dilakukan untuk melatih anak mandiri. Namun apakah orang tua siap menerima ketika anak-anak mandiri? Apakah orang tua ridho ketika anak-anak mempunyai pemikiran dan keputusan yang berbeda dari pemikiran dan keputusannya? Apa yang akan dilakukan orang tua ketika anak-anak ingin berjualan di usia 7 tahun? Apa yang orang tua akan lakukan ketika anak memilih jurusan kuliah yang berbeda d...

Anakku Sedih Karenaku
Curhat / 4 Januari 2022

Orang Tua selalu ingin melakukan yang terbaik untuk anak. Benar. Namun, apakah benar orang tua tidak pernah melakukan kesalahan? Tentu saja tidak! Orang tua juga bisa berbuat salah ke anak. Orang tua juga bisa membuat anak marah, sedih dan kecewa. Karena orang tua tetap saja manusia biasa. Hal yang wajar dan manusiawi ketika kita berbuat salah. Bahkan mungkin setiap hari kita berbuat salah ke anak. Namun, hebatnya anak, anak tetap memil...

Refleksi 2021
Curhat , Kesehatan Mental / 1 Januari 2022

Pergantian tahun, sebuah momen untuk melakukan refleksi dan perubahan. Memang, refleksi dan perubahan tidak harus dilakukan saat tahun baru. Tetapi bisa kapan saja. Karena sejatinya setiap hari adalah sama. Namun, sebagai manusia, kadang seseorang butuh momen untuk melakukan perubahan. Mengapa? Karena perubahan tidaklah mengenakkan dan tidak nyaman. Maka banyak orang yang tidak ingin berubah. Tahun baru, bisa dijadikan momen untuk melak...